Macam-Macam Teknologi WPAN

SisKom Center - Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi beberapa materi mengenai Macam-Macam Teknologi WPAN (Wireless Personal Area Network). Di zaman era globalisasi ini perkembangan teknologi sangatlah berpengaruh terhadap siklus kegiatan manusia. Salah satunya jaringan internet. Dengan adanya internet seseorang dapat tetap saling terhubung dan terjaganya komunikasi meskipun jaraknya terbilang cukup jauh. (LDR yakkk)
http://siskom-center.blogspot.com/
Waktu demi waktu, teknologi akan terus berkembang dong. Nah ... Biar gak dibilang GAPTEK juga, gak ada salahnya SisKomers untuk selalu up-to-date untuk setiap perkembangan teknologi di sekitar ataupun di luar. Kembali ke topik materi mengenai Macam-Macam Teknologi WPAN ya ... Tanpa basa-basi lagi, Yuk ! ^_^
  • 802.15
    http://siskom-center.blogspot.com/
    Teknologi ini digunakan pada Wireless PAN yang mencakup teknologi dengan pemanfaatan inframerah dan frekuensi radio bluetooth. Standar IEEE 802.15 sendiri telah memfokuskan pada pengembangan jaringan Wireless PAN dengan koordinasi standar yang lainnya, seperti standar 802.11 pada jaringan yang lebih luas lagi. Beberapa standar tersebut antara lain adalah :
    • 802.15.1
    • 802.15.2
    • 802.15.3
    • 802.15.4

  • Bluetooth
    http://siskom-center.blogspot.com/
    Bluetooth merupakan sebuah spesifikasi industri yang diperuntukan untuk jaringan wilayah pribadi nirkabel Wireless PAN. Bluetooth memberikan fasilitas berupa koneksi dan pertukaran data atau informasi. Seperti perangkat : PDA, ponsel, laptop, printer dan kamera digital melalui frekuensi radio dengan jarak yang dekat.

    Baca juga : Mengetahui Arsitektur WPAN

    Nama bluetooth sendiri diambil dari nama seorang raja di Denmark yang bertakhta pada abad ke-10, yakni Raja Harald Bluetooth. Pada masa hidupnya, raja tersebut aktif melakukan diplomasi dengan memberikan fasilitas perundingan untuk mendamaikan pihak yang bersengketa. Para penemu teknologi bluetooth ini menganggap nama belakang raja tersebut sangat sesuai dengan sifat teknologi nirkabel itu.
Yaps, sudah dipenghujung artikel materi Macam-Macam Teknologi WPAN nih, gak kerasa banget ya, SisKomers ? Ya sudah ...
Akhir kata penulis ucapkan terima kasih dan semoga bermanfaat ... ^_^ Bye

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama