Apa itu Elektronika Digital?

SisKom Center - Sebelumnya sudah pernah dengar atau baca mengenai elektronika digitalkan?
Hmmm ... kita belajar bersama-sama ya, SisKomers ...
Elektronika digital merupakan sistem elektronika yang menggunakan signal digital.
http://siskom-center.blogspot.com/
Sudah terbayangkan sebelumnya? kata kuncinya ada pada kata 'digital' nih, SisKomers ...

Yap, signal digital berdasarkan pada signal yang bersifat terputus-putus. Biasanya dilambangkan dengan notasi aljabar angka 1 dan 0, Dimana angka 1 melambangkan terjadinya hubungan, sedangkan untuk angka 0 melambangkan tidak ada terjadinya hubungan.

Contoh yang paling sederhana yaitu, saklat lampu. Ketika kalian tekan switch ON maka dapat dikatakan itu terjadi adanya hubungan atau diartikan dengan angka 1, dan ketika kalian tekan OFF maka anak berlaku sebaliknya.

Elektronika digital merupakan aplikasi dari aljabar boolean yang digunakan pada berbagai bidang, antara lain : komputer, telepon seluler, dab berbagai macam perangkat lainnya.

Hal ini karena elektronik digital mempunyai beberapa keuntungan, antara lain yaitu :
  • Sistem digital mempunyai antar muka (interfaces) yang mudah dikendalikan dengan komputer
  • dan perangkat lunak penyimpanan informasi jauh lebih mudah dilakukan dalam sistem digital dibandingkan dengan sistem analog
Disamping itu juga sistem digital memiliki beberapa kelemahan, yaitu pada beberapa kasus sistem digital membutuhkan banyak energi, lebih mahal dan mudah rapuh.

Nahhh, udah berasap semua kepala SisKomers nihhh ...
Untuk kesempatan selanjutnya penulis akan berbagi ilmu mengenai gerbang logika pada sistem komputer. Akhir kata penulis ucapkan semoga bermanfaat dan terima kasih. ^_^

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama